Senin, 15 Juli 2019

Kuis, Sistem Informasi Manajemen



KUIS SIM
No. 1
Berapakah besar file data, dan total kebutuhan simpanan jika untuk file induk karyawan panjang record=  200 byte, volume per periode simpanan = 489 karyawan, kejadian tiap karyawan =  1 kali dan file sejarah karyawan panjang record=  76byte, volume per periode simpanan = 489  karyawan, kejadian tiap karyawan =  4 kali ?.
file data
-          File induk karyawan = 200 x 489 x 1 = 97800 byte
-          File sejarah karyawan = 76 x 489 x 4 = 148656 byte
File data = 97800 + 148656 = 246456 byte
Total kebutuhan simpanan
-          Software = 700 byte
-          File index = 1,5 x 246456 = 369684 byte
jadi total kebtuhan simpanan = (700 + 369684) x 2 = 740768 byte
No. 2
Tahapan untuk menkonversi system ada apa saja?.
1.      Konversi dokumen dasar
Sistem informasi merupakan sistem yang babnyak menggunakan dokumen dasar. Data di dokumen dasar merupakan sumber input bagi semua sitem informasi. Jika dokumen dasar diganti maka dokumen dasar yang lama sudah tidak sesuai dengan inoput sistem informasi sehingga dokumen dasar baru harus sudah digunakan
2.      Konversi file
Sementara menunggu cetakan dokumen dasar dari perusahaan percetakan konversi file dapat dilakukan. Konversi file dapai berbentuk sbb :
a.       Konversi dari file komputer lama ke file  komputer baru
Jika file baru akan digunakanuntuk menggantikan file lama maka data di file harus dikonversikan agar kompatibel dengan format dan struktur file baru
b.      Konversi dari data di catatan manual ke file komputer
Jika perusahaan sebelumnhya beroperasi secara manual maka semua data yang diperlukan yang sebelumnya dicatat di catatan manual atau masih tercatat di dokumen dasar perlu dikonversikan ke file komputer.
3.      Mengoperasikan sistem
Setelah semua dokumen dasar siap digunakan dan semua data yang diperlukan sudah terekam di file baru, sistem yang baru dapat mulai dikonversikan atau dioperasikan.

­ Tindakan Lanjut Implementasi
Partisipasi analisis sistem belum beakhir setelah sistem diimplementasikan. Analisis sistem masih perlu melakukan tindak lanjut berikutnya setelah sistem baru diimplementasikan. Analisis masih memerlukan pengetesan, pengetesan ini berbeda dengan pengetesan sistem yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah pengetesan penerimaan ini selesai dilakukan dilakukan, suatu rapat penerimaan perlu diselenggarakan oleh manajemen. Rapat ini dihadiri oleh analisis sistem , manajer dan pemakai sistem untuk menentukan sistem yang baru diterima atau harus diperbaiki kembali. Jika sistem baru telah disetujui. Maka rapat ini dapat merupakan acara penyershan sistem. Tugas dari Analisis sistem ini dapat berakhir sampai di sisi.

NO 3
Sebutkan penyedia jasa pada tahapan Seleksi Sistem ?.
1. Pabrik perangkat keras.
2. Perusahaan perangkat lunak.
3. Original Equipment Manufacturer (OEM), Value Added Remarketer (VAR) dan Independent Sales  Organization (ISO.)
4. Rumah sistem (system house) dan tumkey system.
5. Konsultan (consultant).
6. Kontraktor program mandiri (independent program contractor).
7. Biro jasa (service bureaus).
8 Dealer
9. Toko komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar